Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

 


Keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Keterampilan komunikasi yang mumpuni memungkinkan seorang pemimpin bisa menyampaikan pesan dengan jelas dan mendelegasikan setiap pekerjaan atau tugas dengan baik. Komunikasi adalah sebuah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Yaitu suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Tentunya harus jelas agar seseorang atau yang menerima informasi tersebut bisa diterima apa yang diinformasikan. komunikasi ada beberapa teori yang perlu dikuasai oleh seorang pemimpin agar semua tim bisa solit dan mendapatkan keberhasilan dalam melakukan suatu pekerjaan atau bisnis yang sedang dijalankan.

Berikut adalah teknik komunikasi yang wajib dimiliki seorang pemimpin :

1.    Gunakan Bahasa Tubuh dengan Benar

Bahasa tubuh dasar yang baik tentunya sangat mudah kita lakukan yaitu antara lain tersenyum, melakukan kontak mata, dan berjabat tangan. Mulailah tersenyum kepada orang lain saat bertemu dengan mereka, lakukan kontak mata saat berbicara dengan mereka, dan lakukan jabat tangan dengan tegas.

2.    Menginspirasi Orang Lain dengan Ide

Mulailah membagikan ide dan pemikiran yang dimiliki kepada orang lain. Setiap orang memiliki ide, tetapi yang layak untuk dibagikan adalah ide yang menginspirasi dan menyegarkan. Anda juga bisa meminta saran kepada orang lain untuk membentuk ide bersama dan membangun kepercayaan menjadi lebih baik.

3.    Mengakui Orang Lain

Sikap mengakui orang lain adalah saat Anda membiarkan orang mengetahui sesuatu yang hebat tentang dirinya. Memberikan pengakuan kepada orang lain tidak untuk mengambil manfaat dari mereka, tetapi Anda melakukannya karena tulus. Temukan hal yang baik di dalam diri seseorang dan katakan kepada mereka tentang betapa hebatnya hal tersebut.

4.    Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Banyak Orang

Berbicara di hadapan banyak orang menjadi salah satu ketakutan terbesar yang dihadapi. Namun, Anda perlu melakukan hal ini untuk memberikan pengaruh dan menginspirasi orang lain sekaligus. Kemampuan berbicara di hadapan banyak orang merupakan salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat.

 

Komentar

Postingan Populer