Perbedaan Pemimpin dengan Manajer dalam Perusahaan
Perbedaan Pemimpin dengan Manajer dalam Perusahaan
Banyak yang beranggapan mengenai jabatan seorang
manajer dengan pemimpin di perusahaan merupakan jabatan yang sama. Sebenarnya
persamaan keduanya terletak pada sama-sama mengepalai sebuah tim dan sama-sama
berkepentingan untuk menjamin kelancaran keberlangsungan di dalam perusahaan
selain itu yang tidak kalah pentingnya sama-sama memiliki peran yang besar
untuk memasatikan perusahaan telah memberikan pelayanan yang terbaik bagi
penggunanya atau konsumen.
Pemimpin merupakan individu atau seseorang yang memiliki kemampuan (skills) dan kelebihan khusus yaitu mempunyai kekuasaan atau kewibawaan untuk mengarahkan dan membimbing bawahannya (karyawan) dalam satu bidang tertentu, sehingga dapat mempengaruhi individu-individu lain untuk bersama melakukan aktivitas tertentu untuk mencapai satu tujuan tertentu. Menurut John Gage Alle pemimpin merupakan “Leader a guide a conductor, a comander (Pemimpin itu ialah pemandu, penunjuk, penuntun, komandan)”.
Jenis-jenis pemimpin dapat dikategorikan berdasarkan
beberapa macam, yaitu :
1.
Pemimpin Formal,
merupakan pemimpin yang bersandar pada wewenang formal.
2. Pemimpin Informal,
merupakan pemimpin yang tanpa wewenang formal mampu mempengaruhi perilaku orang
lain (karyawan)
Lalu perbedaannya dengan seorang manajer ialah dalam menjalankan kegiatan manajemennya. Untuk menjadi manajer diperlukan beberapa keahlian khusus yang digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik, seperti keahlian teknis, keahlian konseptual, keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan karyawan, keahlian dalam mengambil keputusan dan juga keahlian dalam mengatur waktu.
Dalam tingkatannya manajer dibedakan menjadi 3
tingkat, yaitu :
1. Top Manajer,
merupakan yang bertanggung jawab secara keseluruhan terhadap perusahaan.
Tugasnya yaitu menetapkan tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan yang
kemudian akan diteruskan oleh lebih spesifik oleh manajer dibawahnya.
2. Middle Manager,
bertugas untuk mengawasi beberapa unit kerja yang menerapkan rencana sesuai
dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi lalu melaporkan hasil pekerjaan
kepada top manager.
3. Lower Manager,
merupakan tingkatan yang paling bawah yang memimpin dan mengawasi tenaga kerja
operasional. Biasanya sebutan lain untuk jabatan ini, supervisor, kepala
departemen, atau mandor (foreman).
Bertangguung jawab terhadap satu unit dan diharapkan mampu menyelesaikan tugas
nya dengan jangka waktu pendek yang telah ditentukan oleh atasanya middle
manager dan top manager.
Perbedaan peran antara pemimpin dan
manajer ini terkadang menimbulkan permasalahan terhadap karyawan dengan
pemimpin ataupun dengan manager pada saat mengkoordinir sebuah tim, berikut
merupakan perbedaan antara seorang Pemimpin dengan Manajer, meliputi :
1.
Pemimpin
Memotivasi, Manajer Mengarahkan
Manajer
bertanggung jawab mengelola dan mengkoordinir timnya dalam mendelegasikan
tugas, menyelesaikan permasalahan, menegakkan kebijakan dan memastikan
kebijakan perusahaan dapat berlangsung sesuai dengan tujuan. Sedangkan pemimpin
akan memfasilitasi atau membantu untuk meningkatkan kinerja karyawannaya.
2.
Pemimpin
Memberikan Ide, Manajer Mewujudkan Ide
Ide-ide
yang dikemukan oleh pemimpin kemudian akan diwujudkan oleh manajer sebaik dan
sebisa mungkin. Manajer akan membuat daftar kerja kemudian membagi tugas dengan
staf-stafnya sehingga tugas dapat dikelola bersama-sama. Hal ini dapat mengasah
dan menambah kemampuan karyawan untuk berfikir kreatif dalam perusahaan.
3.
Pemimpin Berani
Mengambil Risiko, Manajer Menghindari Risiko
Perbedaan
sikap dalam mengambil sebuah risiko antara pemimpin dengan manajer. Pemimpin
dengan jabatan dan wewenangnya berani dalam mengambil risiko dengan melakukan
hal yang baru. Sedangkan manajer cenderung mempertahankan dan menjalankan apa
yang sudah ada dalam perusahaan.
4.
Pemimpin
Mempunyai Pengikut, Manajer Mempunyai Bawahan
Pemimpin
mempunyai orang yang terpercaya dalam mengikutinya dan mempunyai gambaran yang
luas tentang masa depan untuk mewujudkan visi tersebut. Sedangkan manajer
mengepalai staf-staf yang bertugas membantu dalam menjalankan tugasnya.
5.
Pemimpin
Idealis, Manajer Realistis
Pemimpin
menginginkan segala sesuatunya dapat berjalan dengan sempurna tanpa ada
halangan suatu apapun dan berjalan sesuai ekspetasi. Sedangkan manajer
mengetahui keadaan dan kondisi pada saat dilapangan dan menghadapinya dengan
realistis.
6.
Pemimpin Penuh
Dengan Imajinasi, Manajer Penuh Analisis
Pemimpin
mempunyai ide-ide yang kreatif untuk melakukan inovasi untuk kemajuan
perusahaan. Sedangkan manajer harus sangat teliti saat menganalisis tugas-tugas
untuk mewujudkan ide dari pemimpin.
7.
Pemimpin Ingin
Meningkatkan Target, Manajer Hanya Memenuhi Target
Ketika mencapai
sebuah target pemimpin ingin terus meningkatkan kualitas perusahaan dan membuat
target baru, sedangkan manajer cenderung puas dengan target yang berhasil
dicapai.
Komentar
Posting Komentar