Perbedaan Pemimpin Dan Kepemimpinan

 

Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan suatu hal yang tidak asing lagi terdengar dalam lingkup perusahaan. Namun dua hal yang sering disamakan tersebut ternyata memiliki perbedaan yang dimiliki satu dengan yang lainnya. Tetapi pemimpin dan kepemimpinan ini merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional dalam suatu organisasi maupun perusahaan.

Pemimpin

Pemimpin mempunyai peran yang sangat penting dalam mengorganisir dan membantu timnya dalam menyelesaikan pekerjaannya untuk mencapai tujuan yang ditelah ditentukan. Menurut Suradinata (1997) mengungkapkan bahwa pemimpin merupakan orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik di dalam perusahaan maupun dalam keluarga. Menurut Hersey dan Blanchard berpendapat bahwa pemimpin merupakan seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan unjuk kerja maksimum yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan perusahaan. Sehingga diartikan bahwa pemimpin merupakan seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan dalam satu bidang sehingga mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan perusahaan.

Pemimpin ketika diterjemahkan dalam bahasa inggris menjadi “LEADER” yang mempunyai tugas untuk untuk Lead para anggota di dalam perusahaan, sehingga LEAD ini dapat dimaknai sebagai :

·    Loyality, yaitu pemimpin yang harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.

·       Educate, yaitu pemimpin yang mampu untuk mengedukasi timnya dan mewariskan kepada timnya.

·      Advice, memberikan saran dan nasihat dari permasalahan yang terjadi dalam perusahaan.

·    Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

Kepemimpinan

Dalam perusahaan kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan ini merupakan titik awal dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam perusahaan. Menurut Thoha (1983), kepemimpinan merupakan aktivitas untuk mempengaruhi perilaku individu lainnya supaya melakukan apa yang diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut Ngalim Purwanto (1991), Kepemimpinan merupakan sekumpulan dari serangkaian kemampuan dari sifat kepribadian yang didalamnya termasuk kewibawaan untuk menjadikan sebagai sarana dalam rangka menyakinkan timnya supaya dapat menyelesaikan tugas yang dibebankan dengan penuh semangat, termotivasi dan merasa tidak ada paksaan.

Karakteristik Kepemimpinan dapat diuraikan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

1.    Merupakan belajar seumur hidup, tidak hanya melalui pendidikan formal tetapi juga pendidikan non formal.

2.   Berorientasi pada pelayanan, jadi tidak hanya dilayani tetapi juga melayani dengan tujuan memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin.

3.   Membawa energi yang positif, yang kemudian didasarkan pada keikhlasan dan keinginan untuk mendukung kesuksesan dalam timnya, sehingga dibutuhkan energi yang positif untuk membangun hubungan baik yang berjangka waktu yang lama dengan kondisi yang tidak dapat ditentukan.

Tipe kepemimpinan yang sebaiknya  harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu meliputi :

1.      Berorientasi terhadap tugas  (task orientation)

2.      Berorientasi terhadap hubungan kerja  (relationship orientation)

3.      Berorientasi terhadap hasil yang efektif  (effective orientation)

 

Komentar

Postingan Populer