Manfaat Activity Based Costing Dalam Perusahaan

 

sumber : https://www.kajianpustaka.com/2019/11/activity-based-costing-sistem-abc.html 

Perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan dalam bersaing secara global. Kelangsungan hidup sebuah perusahaan ditentukan melalui strategi apa yang digunakan, beberapa strategi yang umumnya digunakan biasanya meliputi strategi pengurangan harga, peningkatan produktivitas dan peningkatan kualitas.

Sumber daya yang digunakan untuk memproduksi sebuah produk atau jasa menuntut perusahaan untuk menyediakan sumber daya yang paling efektif dan efisien agar mampu bertahan melawan persaing dengan perusahaan lain. Untuk itu menajemen perusahaan membutuhkan informasi-informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan dalam proses produksi. Cara termudah untuk dapat menentukan harga secara akurat yaitu dengan metode Activity Based Costing (ABC).

Activity Based Costing (ABC) ini merupakan model yang digunakan untuk mangalokasikan semua biaya, berdasarkan sumber daya yang digunakan untuk menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan produk dan jasa yang disediakan untuk customer. Activity Based Costing ini banyak digunakan untuk mengalokasikan biaya overhead yaitu salah satunya komponen biaya produksi, pemakaian biaya material dan biaya tenaga kerja langsung untuk mengkonversi material menjadi produk jadi. Dengan cara ini maka akan di identifikasi bidang-bidang yang mengalami overhead per unit sehingga manajemen dapat mengarahkan perhatian untuk mencari cara mengurangi biaya tersebut.

Metode Activity Based Costing (ABC) ini dapat mengurangi distorsi harga yang disebabkan oleh penentuan harga yang masih dilakukan secara tradisional, sehingga produk yang dikeluarkan tidak menjadi asal-asalan. Meskipun banyak memiliki kekurangan namun perusahaan akan melakukan implementasi sehingga berhasil, sehingga metode ABC ini mampu memberikan manfaat, diantaranya yaitu :

1.      Metode Activity Based Costing digunakan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan           yang dilakukan oleh perusahaan

2.   Penentuan harga berdasarkan Activity Based Costing (ABC) akan menghasilkan harga yang lebih            baik sehingga kelak mampu bersaing dengan produk/jasa lainnya.

3.     Metode Activity Based Costing dapat menjadikan manajemen berada pada posisi yang aman untuk melakukan penawaran yang lebih kompetitif.

4.   Analisis biaya dapat diperbaiki sehingga pihak manajemen dapat melakukan peningkatan volume atas produk yang memiliki volume rendah.

5. Dengan menganalisis data biaya dan pola konsumsi sumber daya, pihak manajemen dapat melakukan rekaya ulang melalui proses produksi dari bahan baku sampai dengan bahan jadi

6.  Dapat menjabarkan secara terperinci dan jelas mengenai biaya pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan

7.  Metode Activity Based Costing dapat membantu pihak manajemen dalam  menentukan dan mengatur strategi di masa yang akan datang.

 

 

Komentar

Postingan Populer