Macam – Macam Leadership skill Yang Harus Dimiliki Pimpinan

 


        Menjadi seorang pemimpin (leader) dalam perusahaan merupakan suatu hal yang tidak mudah, tetapi pemimpin yang baik dan berkualitas merupakan suatu yang diidamkan baik oleh dewan direksi, bawahan atau karyawan bahkan pemimpin itu sendiri. Kemampuan kepemimpinan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam perusahaan, sehingga pemimpin harus menjalankan tugasnya dengan optimal.

        Leadershipskill merupakan kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain supaya dapat bertindak sesuai dengan rencana yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tugas seorang pemimpin yaitu menyelesaikan permasalahan yang kerap terjadi di dalam perusahaan yaitu sering terjadinya miscommunication antar rekan kerja yang dapat berakibat fatal dalam perusahaan. Namun perlu diketahui bahwasanya seorang pemimpin dalam menyelesaikan segala tugasnya yang ada tidak dapat dilakukan dengan sendiri. Pemimpin juga memerlukan bantuan orang lain (rekan kerja) dalam membantu mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan.

    Leadership skill ini sangat diperlukan pemimpin dalam mengembang tugas dalam perusahaan, leadership skill ini harus terus diasah melalui latihan terus menerus, yaitu dengan melatih jiwa dan keterampilan pemimpin dengan melibatkan dirinya dalam suatu kegiatan, sehingga dapat dijadikan proses belajar dan mengemban suatu tanggung jawab yang ada dalam diri seorang pemimpin. Untuk itu pemimpin harus mempunyai Leadership skill dalam memimpin perusahaan, antara lain :

1.    Komunikasi

Pemimpin harus menguasai semua bentuk komunikasi yang ada dan dapat diterapkan dalam perusahaan. Pemimpin harus membangun aliran komunikasi yang stabil antara bawahan atau karyawan baik melalui kebijakan-kebijakan tertentu atau dengan percakapan santai kepada rekan kerjanya. Kerampilan yang berkaitan dengan komunikasi dapat meliputi mendengarkan dengan aktif, mengartikulasikan suatu kata dengan jelas, menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dan memberikan ruang untuk mendengarkan tanpa mendominasi percakapan.

2.    Motivasi

Pemimpin diharapkan dapat menginspirasi para karyawannya supaya merasa terinspirasi serta menjadi terdorong untuk bekerja lebih keras dalam mencapai tujuan perusahaan. Pemimpin juga perlu mendorong produktivitas, performa kerja dan semangat karyawannya dalam bekerja serta melakukan mentoring dan pendampingan kepada karyawannya.

3.    Inisiatif

Kecakapan dalam menjalankan penuh inisiatif untuk perbaikan mutu kerja tanpa harus diperintah, bersikap proaktif dan memiliki motivasi tersendiri dalam menyelesaikan pekerjaan dan untuk meningkatkan mutu pekerjaan.

4.    Kemampuan Problem Solving

Pemimpin harus mampu menganalisis permasalahan, mengidentifikasi sumber penyebab masalah dan hubungan antar berbagai faktor lalu kemudian merumuskan alternatif yang dapat digunakan untuk mencari solusi yang relevan dalam memecahkan permasalahan yang terjadi.

5.    Mendelegasikan

Dalam menyelesaikan pekerjaannya seorang pemimpin memerlukan bantuan oleh karyawannya untuk mendelegasikan pekerjaannya kepada staf atau karyawan. Supaya pemimpin dapat fokus pada tugas utamanya.

6.    Mampu Menciptakan Suasana Positif

Keterampilan ini dapat membantu menciptakan suasana yang positif ditempat kerja misalnya pemimpin lebih mengembangkan sikap peduli terhadap karyawannya, mampu memediasi apabila terjadi konflik dalam perusahaan dan tentunya mampu mendorong karyawan untuk bersikap positif dan bersemangat kembali.

7.    Kreativitas

Keterampilan pemimpin perusahaan dalam pemikiran yang kreatif dapat dilihat kemampuan dalam menganalisia sebuah permasalahan dari sudut padang yang lain. Sehingga pemimpin dapat berfikir secara konseptual dan kritis akan permasalahan yang terjadi serta telah melakukan pengamatan yang sistematis dalam menyelesaikan masalah.

 

 

 

Komentar

Postingan Populer