Macam – Macam Leadership skill Yang Harus Dimiliki Pimpinan
Menjadi seorang pemimpin (leader) dalam perusahaan merupakan
suatu hal yang tidak mudah, tetapi pemimpin yang baik dan berkualitas merupakan
suatu yang diidamkan baik oleh dewan direksi, bawahan atau karyawan bahkan
pemimpin itu sendiri. Kemampuan kepemimpinan sangat mempengaruhi kinerja
perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam perusahaan,
sehingga pemimpin harus menjalankan tugasnya dengan optimal.
Leadershipskill merupakan
kemampuan seseorang untuk menginspirasi orang lain supaya dapat bertindak
sesuai dengan rencana yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Tugas seorang pemimpin yaitu menyelesaikan permasalahan yang kerap terjadi di
dalam perusahaan yaitu sering terjadinya miscommunication
antar rekan kerja yang dapat berakibat fatal dalam perusahaan. Namun perlu
diketahui bahwasanya seorang pemimpin dalam menyelesaikan segala tugasnya yang
ada tidak dapat dilakukan dengan sendiri. Pemimpin juga memerlukan bantuan
orang lain (rekan kerja) dalam membantu mencapai tujuan perusahaan yang
diinginkan.
Leadership
skill ini sangat diperlukan pemimpin dalam mengembang tugas dalam
perusahaan, leadership skill ini harus terus diasah melalui latihan terus
menerus, yaitu dengan melatih jiwa dan keterampilan pemimpin dengan melibatkan
dirinya dalam suatu kegiatan, sehingga dapat dijadikan proses belajar dan mengemban
suatu tanggung jawab yang ada dalam diri seorang pemimpin. Untuk itu pemimpin
harus mempunyai Leadership skill dalam memimpin perusahaan, antara
lain :
1.
Komunikasi
Pemimpin
harus menguasai semua bentuk komunikasi yang ada dan dapat diterapkan dalam
perusahaan. Pemimpin harus membangun aliran komunikasi yang stabil antara
bawahan atau karyawan baik melalui kebijakan-kebijakan tertentu atau dengan
percakapan santai kepada rekan kerjanya. Kerampilan yang berkaitan dengan
komunikasi dapat meliputi mendengarkan dengan aktif, mengartikulasikan suatu
kata dengan jelas, menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dan memberikan
ruang untuk mendengarkan tanpa mendominasi percakapan.
2.
Motivasi
Pemimpin
diharapkan dapat menginspirasi para karyawannya supaya merasa terinspirasi
serta menjadi terdorong untuk bekerja lebih keras dalam mencapai tujuan
perusahaan. Pemimpin juga perlu mendorong produktivitas, performa kerja dan
semangat karyawannya dalam bekerja serta melakukan mentoring dan pendampingan
kepada karyawannya.
3.
Inisiatif
Kecakapan
dalam menjalankan penuh inisiatif untuk perbaikan mutu kerja tanpa harus
diperintah, bersikap proaktif dan memiliki motivasi tersendiri dalam menyelesaikan
pekerjaan dan untuk meningkatkan mutu pekerjaan.
4. Kemampuan Problem Solving
Pemimpin
harus mampu menganalisis permasalahan, mengidentifikasi sumber penyebab masalah
dan hubungan antar berbagai faktor lalu kemudian merumuskan alternatif yang
dapat digunakan untuk mencari solusi yang relevan dalam memecahkan permasalahan
yang terjadi.
5.
Mendelegasikan
Dalam
menyelesaikan pekerjaannya seorang pemimpin memerlukan bantuan oleh karyawannya
untuk mendelegasikan pekerjaannya kepada staf atau karyawan. Supaya pemimpin dapat
fokus pada tugas utamanya.
6.
Mampu
Menciptakan Suasana Positif
Keterampilan
ini dapat membantu menciptakan suasana yang positif ditempat kerja misalnya
pemimpin lebih mengembangkan sikap peduli terhadap karyawannya, mampu memediasi
apabila terjadi konflik dalam perusahaan dan tentunya mampu mendorong karyawan
untuk bersikap positif dan bersemangat kembali.
7.
Kreativitas
Keterampilan
pemimpin perusahaan dalam pemikiran yang kreatif dapat dilihat kemampuan dalam
menganalisia sebuah permasalahan dari sudut padang yang lain. Sehingga pemimpin
dapat berfikir secara konseptual dan kritis akan permasalahan yang terjadi
serta telah melakukan pengamatan yang sistematis dalam menyelesaikan masalah.
Komentar
Posting Komentar