Level Tingkatan dalam Kepemimpinan

 

sumber : https://www.tuw.co.id/artikel/index.php/2017/10/20/5-level-dalam-kepemimpinan/
 

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu sikap yang aqility atau kelincahan. Pemimpin harus lincah dalam menghadapi perkembangan zaman dan pergeseran masa. Semakin tinggi seorang pemimpin maka akan semakin tinggi pula cara berpikir stretegisnya sehingga jiwa kolaboratifnya akan semakin berkembang dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan.

Leadership ini merupakan sebuah mindset yang harus dimiliki dan ditanamkan dalam jiwanya supaya dapat memimpin karyawan atau staff menjadi kompeten dalam menjalankan tugas dan pekerjaanya sehingga menjadi saling berkesinambungan antara bagian satu dengan yang lainnya.

Berikut merupakan level tingkatan kepemimpinan menurut John C. Maxwell yang membagi tingkatan kepemimpinan menjadi lima level yang tentunya harus dilewati oleh seorang pemimpin dalam perusahaan, antara lain :

1.    Level 1 – Position

Kepemimpinan level 1 merupakan posisi yang baik untuk memulai suatu kepemimpinan, namun bukan menjadi posisi yang baik untuk terus menetap menjadi level 1. Tahap ini dimana pemimpin baru saja memulai karir dan berkomitmen dalam membangun tim nya menjadi berkembang dan meningkatkan kapasitas diri dalam memimpin baik itu diri sendiri maupun orang lain (karyawan).

2.    Level 2 – Permission

Level kepemimpinan kedua ini akan muncul ketika seorang pemimpin sudah mulai diterima oleh bawahanya sebagai seorang pemimpin. Sebagai seorang pemimpin bertugas untuk mengerti tim yang dipimpin dan memulai berkomunikasi yang baik agar dapat saling berkerja sama antar tim lainnya.

3.    Level 3 – Production

Level 3 ini seorang pemimpin sudah menghasilkan pekerjaan yang produktif dan sudah mencapai target yang diinginkan sehingga telah membangun kredibilitas atas prestasi yang telah diraih. Level 3 ini sudah mampu menjadi contoh terhadap bawahannya dan dapat manarik minat para bawahannya untuk melakukan seperti yang pemimpin contohkan.

4.    Level 4 – People Development

Pemimpin dalam level 4 ini mampu mengembangkan tim nya menjadi individu – individu yang lebih baik. Pemimpin ini mampu menghasilkan pemimpin yang lebih baik lagi atau regenerasi untuk menjadi pemimpin yang lebih hebat dan sukses. Pastinya sebelum pemimpin membentuk pemimpin yang hebat, maka pemimpin itu harus menjadi hebat terlebih dahulu.

5.    Level 5 – Pinnacle

Level ini merupakan level tertinggi dari sebuah kepemimpinan dan tentunya menjadi yang sulit dicapai. Level ini pemimpin mempunyai pengikut  yang menghormati pencapaiannya sebagai seorang pemimpin. Dalam tahap ini dibutuhkan waktu, tenaga dan komitmen yang berkompeten sehingga dapat mencapai level ini.

 

Pemimpin yang baik bukan saja mengenai seberapa besar tingkatan level yang telah diraihnya, tetapi mengenai bagaimana pola pikir yang harus diasah oleh seorang pemimpin sehingga mampu meningkatkan kompetensi untuk orang-orang yang dipimpinnya.

Komentar

Postingan Populer