Jenis - Jenis Manajer Berdasarkan Bidang Kerja
Di dalam perusahaan pada umumnya terdapat sebuah struktur
perusahaan yang merupakan sebuah garis hierarki yang menjelaskan bagian-bagian
yang menyusun perusahaan yang mana setiap karyawan didalam perusahaan memiliki
posisi dan fungsi dari masing-masing jabatan yang bernaung. Sehingga struktur
organisasi ini dibuat berdasarkan kepentingan perusahaan dengan menempatkan
individu-individu yang berkompeten sesuai bidang dan keahliannya. Pada umumnya
manajer terdapat tiga level atau tiga tingkatan manajemen yaitu :
1. Manajemen Tingkat Atas (Top Level Management), yaitu manajer yang bertanggung jawab atas
kinerja manajemen organisasi secara keseluruhan. Jabatan ini dipegang seperti
pada jabatan CEO (Chief Executive
Officer), CFO (Chief Financial
Officer), COO (Chief Operational
Officer), Presiden Direktur, Wakil Direktur dan Direktur Utama. Tingkatan
atas ini memiliki tanggung jawab otoritas dan wewenang dalam mengendalikan
karyawan diperusahaan.
2. Manajemen Tingkat Menengah (Middle Level Management) merupakan manajer yang berada di bawah manajer tingkat atas.
Biasanya menempati jabatan General
Manager, Plant Manager, Factory Manager atau Division Manager. Manajer tingkat tengah
ini bertanggung jawab untuk melaksanakan dan merealisasikan kebijakan yang
sudah ditetapkan oleh manajer tingkat atas.
3. Manajemen Lini Pertama (First Line Management), merupakan tingkatan manajemen yang paling
rendah dalam sebuah perusahaan. Tugasnya untuk mengawasi kinerja karyawan dan
mampu menggunakan keterampilan berkomunikasi. Manajemen tingkat pertama ini
menempati posisi sebagai supervisor atau mandor.
Dalam menjalankan tugasnya manajer secara rutin melakukan
evaluasi terhadap kinerja karyawan-karyawannya. Evaluasi ini dilakukan untuk
memeriksa dan mengetahui kekurangan-kekurangan dari pekerjaan yang dilakukan.
Selain itu memastikan bahwa kinerja karyawan dapat berjalan dengan maksimal.
Dari ketiga tingkatan manajer diatas ada beberapa staf bagian yang membantu tugas
manajer dalam melaksanakan tugasnya, diantaranya yaitu :
1. Manajer Personalia
Merupakan bidang yang mengurus mengenai hal-hal yang
spesifik. Tugasnya menindaklanjuti segala proses administrasi pada seluruh
kegiatan personalia, melakukan proses dan prosedur rekrutmen, menangani
kegiatan training dan evaluasi karyawan.
2. Manajer Pemasaran
Merupakan manager yang bertugas menangani hal-hal yang
berkaitan dengan kegiatan promosi dan penjualan bisnis yang dimiliki
perusahaan. Tugas manager pemasaran yaitu bertanggung jawab tentang fungsi dan
tugas sebagai bagian pemasaran kepada direktur.
3. Manager Pabrik
Bertugas mengenai segala urusan yang berkaitan dengan
proses produksi dan kegiatan di pabrik
perusahaan. Tugasnya menangani masalah produksi, pembelian dan gudang
bahan baku, mengantisipasi dan mengatasi persoalan mengenai bidang produksi.
4. Manager SDM (Sumber Daya Manusia)
Mempunyai tugas yang erat berkaitan dengan hubungan peran
antar tenaga kerja dalam perusahaan, supaya dapat bekerja sama untuk mensupport
sistem dan infrastruktur perusahaan secara menyeluruh.
5. Manager Keuangan
Bertugas untuk mengalokasikan dana yang digunakan untuk
mengelola aset perusahaan dengan tujuan tertentu. Manajer keuangan dapat
menciptakan strategi untuk mengelola dan mengaplikasikan dalam perusahaan.
Tugasnya yaitu membuat perencanaan mengenai keuangan perusahaan dalam periode
tertentu, mengambil keputusan dalam berinvestasi, dan bertugas untuk memajukan
keuangan perusahaan.
Komentar
Posting Komentar