Jenis - Jenis Manajer Berdasarkan Bidang Kerja

 

sumber : https://blog.ub.ac.id/massamid/2013/07/05/pengantar-manajemen-jenis-jenis-manajer/


Di dalam perusahaan pada umumnya terdapat sebuah struktur perusahaan yang merupakan sebuah garis hierarki yang menjelaskan bagian-bagian yang menyusun perusahaan yang mana setiap karyawan didalam perusahaan memiliki posisi dan fungsi dari masing-masing jabatan yang bernaung. Sehingga struktur organisasi ini dibuat berdasarkan kepentingan perusahaan dengan menempatkan individu-individu yang berkompeten sesuai bidang dan keahliannya. Pada umumnya manajer terdapat tiga level atau tiga tingkatan manajemen yaitu :

1.    Manajemen Tingkat Atas (Top Level Management), yaitu manajer yang bertanggung jawab atas kinerja manajemen organisasi secara keseluruhan. Jabatan ini dipegang seperti pada jabatan CEO (Chief Executive Officer), CFO (Chief Financial Officer), COO (Chief Operational Officer), Presiden Direktur, Wakil Direktur dan Direktur Utama. Tingkatan atas ini memiliki tanggung jawab otoritas dan wewenang dalam mengendalikan karyawan diperusahaan.

2.    Manajemen Tingkat Menengah (Middle Level Management) merupakan manajer  yang berada di bawah manajer tingkat atas. Biasanya menempati jabatan General Manager, Plant Manager, Factory Manager atau Division Manager. Manajer tingkat tengah ini bertanggung jawab untuk melaksanakan dan merealisasikan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh manajer tingkat atas.

3.  Manajemen Lini Pertama (First Line Management), merupakan tingkatan manajemen yang paling rendah dalam sebuah perusahaan. Tugasnya untuk mengawasi kinerja karyawan dan mampu menggunakan keterampilan berkomunikasi. Manajemen tingkat pertama ini menempati posisi sebagai supervisor atau mandor.

Dalam menjalankan tugasnya manajer secara rutin melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan-karyawannya. Evaluasi ini dilakukan untuk memeriksa dan mengetahui kekurangan-kekurangan dari pekerjaan yang dilakukan. Selain itu memastikan bahwa kinerja karyawan dapat berjalan dengan maksimal. Dari ketiga tingkatan manajer diatas ada beberapa staf bagian yang membantu tugas manajer dalam melaksanakan tugasnya, diantaranya yaitu :

1.    Manajer Personalia

Merupakan bidang yang mengurus mengenai hal-hal yang spesifik. Tugasnya menindaklanjuti segala proses administrasi pada seluruh kegiatan personalia, melakukan proses dan prosedur rekrutmen, menangani kegiatan training dan evaluasi karyawan.

2.    Manajer Pemasaran

Merupakan manager yang bertugas menangani hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan promosi dan penjualan bisnis yang dimiliki perusahaan. Tugas manager pemasaran yaitu bertanggung jawab tentang fungsi dan tugas sebagai bagian pemasaran kepada direktur.

3.    Manager Pabrik

Bertugas mengenai segala urusan yang berkaitan dengan proses produksi dan kegiatan di pabrik  perusahaan. Tugasnya menangani masalah produksi, pembelian dan gudang bahan baku, mengantisipasi dan mengatasi persoalan mengenai bidang produksi.

4.    Manager SDM (Sumber Daya Manusia)

Mempunyai tugas yang erat berkaitan dengan hubungan peran antar tenaga kerja dalam perusahaan, supaya dapat bekerja sama untuk mensupport sistem dan infrastruktur perusahaan secara menyeluruh.

5.    Manager Keuangan

Bertugas untuk mengalokasikan dana yang digunakan untuk mengelola aset perusahaan dengan tujuan tertentu. Manajer keuangan dapat menciptakan strategi untuk mengelola dan mengaplikasikan dalam perusahaan. Tugasnya yaitu membuat perencanaan mengenai keuangan perusahaan dalam periode tertentu, mengambil keputusan dalam berinvestasi, dan bertugas untuk memajukan keuangan perusahaan.

Komentar

Postingan Populer