Fungsi dan Peran Penting Manajer Dalam Perusahaan

 

sumber : https://intisari.grid.id/read/0350804/6-prinsip-menjadi-top-manajer-di-2014

Manajer dalam suatu perusahaan merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus kepentingan perusahaan secara individu, institusi, organisasi dan lain-lainnya. Tentunya manajer mempunyai tugas utama yaitu mendorong karyawan dan stafnya untuk bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan (goal) perusahaan. Manajer juga ikut terjun langsung dalam mengawasi dan memimpin sesuatu pekerjaan yang telah direncanakan bersama karyawan, agar apa yang direncanakan dapat diterapkan dengan sesuai dan tepat.

Tugas seorang manajer tentunya tidak mudah, butuh pengalaman dan keahlian khusus untuk mempunyai kapasitas yang layak menjadi seorang leader atau manajer. Kemampuan analisis yang mumpuni dan kemampuan dasar untuk memimpin timnya supaya bekerja dengan maksimal sebagai mana dengan fungsinya. Seorang  manajer mempunyai fungsi-fungsi dalam menjalankan tugasnya di dalam perusahaan. Berikut penjelasan mengenai fungsi manajer dalam perusahaan :

1.    Fungsi Perencanaan

Seorang manajer dengan stafnya memiliki tugas untuk merencanakan langkah yang perlu diambil dalam mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan kebijakan yang berlaku diperusahaan. Manajer selalu mempertimbangkan sumber daya apa yang diperlukan dan langkah apa yang harus diambil untuk memprediksi keseluruhan tersebut.

2.    Fungsi Pengaturan

Tugas menajer selain mengkoordinir dan mengatur karyawan atau timnya untuk menjalankan fungsi dan tujuan perusahaan, seorang manajer juga bertugas untuk menyediakan kualitas kerja yang baik dapat meliputi kinerja karyawan dan juga produk atau jasa yang dihasilkan sehingga menjadikan acuan dalam keberhasilan manajemen.

3.    Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan yang dilakukan manajer yaitu mengawasi bagaimana kinerja karyawan dan stafnya dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan.

4.    Fungsi Kepemimpinan

Kemampuan memimpin merupakan kemampuan yang paling penting yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang manajer. Hal ini dapat menentukan langkah-langkah apa yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan perusahaan.

5.    Fungsi Evaluasi

Fungsi yang terakhir yaitu melakukan evaluasi terkait pekerjaan yang telah dikerjakan berdasarkan perencanaan dan standar kualitas yang telah ditentukan. Sehingga manajer dapat mengevaluasi kinerja karyawan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities,  Threats), Balanced Scorcard dan yang lainnya.

 

Setelah seorang manajer mampu untuk mengarahkan, memimpin, mengkoordinir, serta melakukan pengembangan terhadap perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan. Maka selanjutnya manajer menilai dibagian mana yang masih terdapat kekurangan dan harus ditingkatkan kembali supaya tujuan pengoptimalan perusahaan dapat terwujud. Lalu sejauh mana peran pentingnya manajer dalam mendominasi keberhasilan diperusahaan terhadap kinerja karyawan atau stafnya, berikut penjelasannya :

1.    Menjadi Seorang Mediator Yang Baik

Manajer merupakan seseorang yang dapat mengubah aturan secara langsung dalam suatu praktek kerja nyata. Manajer juga harus memahami bahwa karyawan juga sama-sama memiliki kebutuhan. Sehingga manajer disini bertugas sebagai mediator dalam memfasilitasi komunikasi antara karyawan dengan pemimpin perusahaan, kemudian mencari titik temu agar perusahaan dan karyawan sama-sama merasakan kepuasan.

2.    Mampu Memahami Perbedaan Talenta

Tugas manajer disini yaitu menempatkan dirinya bisa menjadi siapa saja dan memahami bahwa karyawan atua staff nya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga manajer harus dapat menempatkan orang yang tepat dengan tugas yang tepat. Dengan demikian, bakat karyawan dapat setiap orang dapat berkembang.

3.    Memberikan Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Menuntut pemenuhan standar kualitas merupakan hal yang wajar misalnya hal etos kerja, kemampuan bekerja sama dan lain-lainnya. Setelah semua terpenuhi sesuai standar maka manajer dapat memberikan fleksibilitas yang tinggi kepada karyawan, artinya manajer memberikan kebebasan yang bertanggung jawab kepada karyawan.

Komentar

Postingan Populer