Fungsi dan Peran Penting Manajer Dalam Perusahaan
Manajer dalam suatu perusahaan merupakan
seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus kepentingan perusahaan secara
individu, institusi, organisasi dan lain-lainnya. Tentunya manajer mempunyai
tugas utama yaitu mendorong karyawan dan stafnya untuk bekerja secara efektif
dan efisien untuk mencapai tujuan (goal)
perusahaan. Manajer juga ikut terjun langsung dalam mengawasi dan memimpin
sesuatu pekerjaan yang telah direncanakan bersama karyawan, agar apa yang
direncanakan dapat diterapkan dengan sesuai dan tepat.
Tugas seorang manajer tentunya tidak mudah, butuh
pengalaman dan keahlian khusus untuk mempunyai kapasitas yang layak menjadi
seorang leader atau manajer. Kemampuan analisis yang mumpuni dan kemampuan
dasar untuk memimpin timnya supaya bekerja dengan maksimal sebagai mana dengan
fungsinya. Seorang manajer mempunyai
fungsi-fungsi dalam menjalankan tugasnya di dalam perusahaan. Berikut
penjelasan mengenai fungsi manajer dalam perusahaan :
1. Fungsi Perencanaan
Seorang
manajer dengan stafnya memiliki tugas untuk merencanakan langkah yang perlu
diambil dalam mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan kebijakan yang berlaku
diperusahaan. Manajer selalu mempertimbangkan sumber daya apa yang diperlukan
dan langkah apa yang harus diambil untuk memprediksi keseluruhan tersebut.
2. Fungsi Pengaturan
Tugas
menajer selain mengkoordinir dan mengatur karyawan atau timnya untuk
menjalankan fungsi dan tujuan perusahaan, seorang manajer juga bertugas untuk
menyediakan kualitas kerja yang baik dapat meliputi kinerja karyawan dan juga
produk atau jasa yang dihasilkan sehingga menjadikan acuan dalam keberhasilan
manajemen.
3. Fungsi Pengawasan
Fungsi
pengawasan yang dilakukan manajer yaitu mengawasi bagaimana kinerja karyawan
dan stafnya dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan.
4. Fungsi Kepemimpinan
Kemampuan
memimpin merupakan kemampuan yang paling penting yang harus dimiliki dan
dikuasai oleh seorang manajer. Hal ini dapat menentukan langkah-langkah apa
yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan perusahaan.
5. Fungsi Evaluasi
Fungsi yang terakhir
yaitu melakukan evaluasi terkait pekerjaan yang telah dikerjakan berdasarkan
perencanaan dan standar kualitas yang telah ditentukan. Sehingga manajer dapat
mengevaluasi kinerja karyawan dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats), Balanced Scorcard dan yang lainnya.
Setelah seorang manajer mampu untuk mengarahkan,
memimpin, mengkoordinir, serta melakukan pengembangan terhadap perusahaan dalam
rangka pencapaian tujuan. Maka selanjutnya manajer menilai dibagian mana yang
masih terdapat kekurangan dan harus ditingkatkan kembali supaya tujuan
pengoptimalan perusahaan dapat terwujud. Lalu sejauh mana peran pentingnya manajer
dalam mendominasi keberhasilan diperusahaan terhadap kinerja karyawan atau
stafnya, berikut penjelasannya :
1. Menjadi Seorang Mediator Yang Baik
Manajer
merupakan seseorang yang dapat mengubah aturan secara langsung dalam suatu
praktek kerja nyata. Manajer juga harus memahami bahwa karyawan juga sama-sama memiliki
kebutuhan. Sehingga manajer disini bertugas sebagai mediator dalam
memfasilitasi komunikasi antara karyawan dengan pemimpin perusahaan, kemudian
mencari titik temu agar perusahaan dan karyawan sama-sama merasakan kepuasan.
2. Mampu Memahami Perbedaan Talenta
Tugas
manajer disini yaitu menempatkan dirinya bisa menjadi siapa saja dan memahami
bahwa karyawan atua staff nya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda,
sehingga manajer harus dapat menempatkan orang yang tepat dengan tugas yang
tepat. Dengan demikian, bakat karyawan dapat setiap orang dapat berkembang.
3. Memberikan Kebebasan yang Bertanggung Jawab
Menuntut pemenuhan
standar kualitas merupakan hal yang wajar misalnya hal etos kerja, kemampuan
bekerja sama dan lain-lainnya. Setelah semua terpenuhi sesuai standar maka
manajer dapat memberikan fleksibilitas yang tinggi kepada karyawan, artinya
manajer memberikan kebebasan yang bertanggung jawab kepada karyawan.
Komentar
Posting Komentar